Minggu, Agustus 01, 2010

jalan-jalan ke belitung

berawal dari niat amri yang mau ambil cuti selama 7 hari niatnya mao ke bali lombok cari temen dapet Nira, maunya sih ber4 tapi yg bisa ambil cuti segitu lama ya cuma kita betiga aja, di mulai dengan cari tiket info penginapan, berhubung harga tiket melonjak jauhh, kita memutuskan untuk berangkat ke bangka belitung sebuah propinsi pecahan dari propinsi sumatra selatan ,  hari jumat  tgl 9 Juli 2010   jam 4 pagi berangkat dari rumah saya bersama nira yang menginap di rumah ,   yang tadinya niatan pake taxi tapi di telpon2 gak di angkat2 akhirnya saya nyetoppin bajaj jam 4an untung ada bajaj lewat, langsung stopin bajaj si abang nawarin 20 rb biasanya ampe terminal rawamangun saya cuma bayar 15 ribu karna  kasian gak tega nawar ya sudah lah tarik bang.... ini pengalaman saya pertama nek bajaj di pai pagi buta gini ,  Nira cuma senyam senyum dia bilang dah bertahun tahun gak nek bajaj maklum rumahnya di bogor

perjalanan ke bandara dari rawamangun kira2 20 menitan kita, Amri  sudah sampai dari 30 menit yang lalu...
kami langsung check in di terminal 1B sriwijaya tujuan tanjung pandan belitung
setelah check in kami berdoa bersama untuk keselamatan kami wahaa..ketika toss..biasanya tangan kami numpuk banyak banget ini cuma 3 tapi ini tidak mematahkan semangat kami, kami berangkat pukul 6.20 ke Belitung  sampai di sana kira kira pukul 7.30

keluar dari bandara kami tidak menggunakan taxi yang kami tau naik taxi ke kota per orang 25 ribu hmm.... karna kami ingin meminimkan budget kami mencoba jalan kaki untuk mencari angkot
 wahaa ternyata angkot di sini tidak seperti angkot di jakarta angkot di sini yah bisa di hitung dengan jari....untungnya tidak jauh dari bandara ada ayuk2( panggilan female di sana) menawarkan tumpangan k sepeda motornya, akhirnya kami ber5 naik 2motor ( otomatis ada 1 motor 3orang)  sampai di depan rumah ayuk itu...untuk menunggu angkot, kira kira 1 jam lebih kami menunggu angkutan rasanya ingin mencoba berhentiin mobil bak dan tak lama kemudian datang lah bis seperti Kopaja warna abu2 bluwek jurusan di angkot terlihat sekali kami sebagai orang asing;  sambil bertanya tempat penginapan kepada kenek yang seorang wanita berwajah sangar namun buaiiiikkk sekali
sesampai di terminal  kenek bis itupun mengantarkan kami ke sebuah angkot  menuju sebuah penginapan yang kami tuju  di tanjung pandan

sesampai di penginapan ...tak di sangka Nira bertemu teman SMA nya sayangnya dia akan pulang hari itu, tadinya sih udah seneng setidaknya udah ada yang tau tempat2 yang kita tuju.

kami menginap di  penginapan yang di bilang seperti kosan 1 kamar murah banget  kamar mandi dalam single bed dapet tambahan bed pula trus dapet teh ma roti tiap pagi lumayann, parkir yang cukup besar, aman, dan kekeluargaan banget.....namanya wisma aditya. dan kayak nya jauh sama hal2 yang negatif dari aura tempatnya nih......wkkkkwkkk..

ngobrol2 dgn  pak satpam di wisma kami berniat menyewa motor (gak pake stnk,gak ada spion) sudah bersih2 kami bergegas untuk berangkat ke Manggar ( tempatnya laskar pelangi) namun tiba2 amri panik ternyata dia kehilangan dompetnya.
Amri mencari di luar kamar, tanya sama receptionist juga gak ketemu, dalam situasi begini baru datang ke negeri orang teman kehilangan rasanya ada yang gak enak, namun kami tetap melanjutkan perjalanan
ke manggar perjalanan ke manggar kurang lebih 80 km dari tanjung pandan perjalanan panjang banget jalan gak ada ujung mata di suguhin dengan keindahan langit pohon2, kebun sawit,

namun baru 45 km kami jalan, kami di guyur hujan akhirnya kami berteduh di sebuah rumah, untunglah ada seorang ibu yang baik hati memberikan kami tumpangan,
ada hal yang lucu di sini ibu itu sepertinya phobia petir ketika kami pegang Hp dia teriak memekikk : hapeh hapehh (maksudnya jangan pegang Hp), tak lama kemudian saya mau berlonjor mau duduk di bawah, rasanya Bokong ini belum sampai ke lantai si ibu sudah teriak :
hooooiiiiiii jangan duduk di bawaaaaaaaahh.....( gaya kak ros upin ipin marah2)
kami bertiga menahan ketawa sayang si Ibu ada di depan kami kalo gak ada..Bwakakkakakakkkkkk.............Hadoohh sayang banget rasanya mubazir kalo gak ngakak .
sambil menunggu hujan yang deress banget di tambah lammma  tak terasa ternyata kami tertidur di bangku dan tiba2 dengkul ini serasa ada yang menggoyang goyang ternyata aku di bangunkan sat saya buka mata abra kadabra :  kami di siapkan hambal yang bagus + bantal yang keliatan banget sarungnya baru ganti langsung ku bangunkan Nira dan Amri ternyata Nira pun takjubb sambil bebisik ini hambal spesial buat kita kayaknya di pasangnya 1 tahun sekali pas lebaran doang .....(saking bersih nya)
tanpa basa basi dan tak tau malu kami tidoor di hambal (enak bangetttt.......), hari sudah menunjukkan jam 14.35 rasanya tidak mungkin untuk berjalan 35 km lagi akhirnya kami memutuskan batal ke manggar dan  kembali ke tanjung pandan  sambil mencari tau pantai2 yang terdekat, ternyata ada pantai sengaran tidak jauh dari rumah ibu tadi  yang sangat sepiiii dan indah sayangnya banyak dekat2 pantai ada bangunan kecil yang hancur jadi terlihat berantakan namun dari pasir nya bersih langsung kami menikmati dan berfoto ...... ada batang pohon yang jatuh ke bibir pantai.....nice place...

ke tanjung pandan sebelum ke wisma kami berhenti di terminal sambil mencari angkot yang tadi naiki ternyata sudah sepi ada beberapa sekumpulan bapak2 sedang mengobrol yah..kalau dr tampang tampangnya agak2 serem kami beranikan untuk bertanya tentang dompet Amri dan ternyata yang kami sangka serem mereka memberi tahu kalau tadi ada supir angkot yang menemukan dompet, amri langsung minta antar ke rumah supir angkot yang tidak jauh dari terminal namun sayang si abang tak di tempat, dari sana kami tetap tidak mau meninggalkan momen untuk menikmati sunrise di pantai tanjung pendam yang dekat banget dari kota tanjung pandan cuma 5 menit,  di pantai ini  kami dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu tatkala matahari kembali keperaduannya dimana terlihat sinarnya beraneka ragam.
waktu nya baliik ke wisma  tak lama kemuadian abang supir angkot datang kasih dompet amri yang dalamnya masih utuh ya Allah alhamdulillah ternyata masih banyak orang jujur, di ceritakan kalo yang menemukan itu tukang ojek hmmm  kalo jakarta kayak gini aman bangett.....yaa....walaupun hari ini batal ke manggar namun hati kami senang banget apalagi Amri wajah nya kembali sumringah. Pukul 19.00 selepas sholat maghrib dan mandi kami mencari makan di pusat kota tanjung pandan mencari mie belitung, makan martabak, nasi goreng, cari tiket kapal laut untuk ke bangka......

Island Explore

selepas shubuh  kami bersiap siap berangkat ke tanjung kelayang kira perjalanan 1 jam jalan sepi panjaaannng jauhhhhhh, kadang melewati kebun yang terasa sekali udara dinginnya, jarang motor yang lewat apalagi mobil.sampai di tanjung kelayang kami sudah di tunggu oleh pak Rusdi (penyewaan perahu) di pondok nyiur melambai.

mulailah kami menyusuri gugusan pulau2 kecil di belitung pulau Wisata bahari  Pulau Burung kenapa di sebut pulau burung karna ada batu bebentuk burung di P. burung ini kabarnya di kontrak oleh orang luar entah betul apa nggak ada rumah pondokan yang lumayan juga buat beteduh pas ujan,

ada juga Pulau Babi (aji) kita liat gak bisa turun karna takut kapal karam ,

Pulau Batu Belayar banyak banget batu nya gak ada pohon2an

dan batu garuda

pulau pasir di tengah 2 laut cuma pasir doang pasirnya putih lembut haluuss benerrr , ini unik banget di sini banyak bintang lautnya.......

di pulau pulau ini pantainya kereeeeeen bangett pasirnya putih euyy....., ada lagi  Pulau Lengkuas di sini ada mercusuarnya konon  dibuatan tahun 1862, turun dari perahu kami langsung naik ke kalo gak salah ada 18 tingkat di saranin di setiap tingkatnya di explore di jendela2nya karna beda2 viewnya, nah pas sampai atas keliatan banget gugusan pulau2 batu2 nya, warna lautnya subhanallah kereen bangeett......

di pulau lengkuas ini ada toiletnya, biasanya wisatawan bisa santai2 , makan2, renang cibang cibung minum kelapa makan semangka di sini namun kami makan nasi plus telor dadar sajah hahhahhhaa mao semangka mesti pesen sehari sebelumnya gubraggg mesen perahu nya aja semalem, jam 11 malem lagih...tapi gpp tetep wuenakkk....wuenakkkk...,

dan waktu nya santai kek di pantai nyelow kek di pulo amri renang, nira tepon2an ternyata ada sinyal, dan daku...hunting foto plus main ayunannnn....

sstt...ada Mr crab juga di sini jalan di pasir putih......

explore pulo2 sudah selesai akhirnya kami makan siang dulu.....dengan menu ikan bakar hmm rasanya kalo menurut lidah g sih ya...STD kayak gak pake bumbu...tapi berhubung perut laperr tetep enak dan abisss....pula...

perjalanan berlanjut ke tanjung tinggi tempat nya laskar pelangi orang2 bilang di pantai ini banyak banget batu2 besar, bweeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhh bening bangettt...itu air nya biru kalah deh kolam renang beningnya bawahnya pasir bersih banget rasanya pengen mandi hanya saja di sini rammmee banget.......mana di godain cowok lagih (jaaahhh sok cakep luuh) mau foto2 juga bocorrr, di sini banyak tempat makan dan infonya mulai ramai dan banyak di kunjungi dari wisatawan luar berkat film laskar pelangi.....hmmm mantap two thumbs up buat andrea hirata memajukan kampungnya lewat tulisan dan film. di tanjung tinggi ini penginapan , restoran, musholla semua ada.

hari mulai sore kami tak satu pantai lagi yang tak ingin aku lewatkan Tanjung Binga dari Tanjung Tinggi tinggal lurus aja kalau sudah banyak rumah2 penduduk di situ banyak jalan masuk  dari rumah penduduk , tanjung binga ada jembatan panjang mirip seperti di pulau tidung di samping jembatan panjang ada pohon2 besar dan batu kebetulan ada anak2 daerah ini mereka bercerita konon  kalau di pohon itu sering ada raksasa besar muncul, kami menikmati sunset di sini .

hari sudah maghrib kami bergegas untuk pulang takut di jalan tersesat karena gelap dan sepi apa lagi kami hanya ber tiga,
sampai di penginapan kami langsung bersih2 dan ketika melihat kaca wahh...mulai terlihat wajah memerrahh......karna sengatan cahaya matahari walaupun udah pake sunblock spf 30 tetep aja yah.....

semoga aku datang lagii.....
tak terasa sudah 2 hari kami di sini pagi pagi kami berangkat ke pelabuhan untuk menyebrang ke Bangka Pangkal Pinang, sebenarnya dari penginapan pelabuhan sangat dekat namun karena kami rempong , akhirnya kami janjian dengan Pak Kadir Satpam Wisma penanggung jawab motor mengembalikan motor di sana pukul 7.30 kami berangkat.......Sampai Jumpa Belitong....

daftar biaya Rincian :
penginapan 1 malam Rp 50.000
sewa motor @ 1 Hari  Rp 60.000
Sewa Perahu  Rp 300.000 bisa muat 15 orang
Bensin  70.000 (2 Hari)
Makan kisaran harga 10000 - 25000
Kapal jetfoil @ Rp 120.000
Pesawat @ 360.000 + 40000

No telepon yang bisa di hubungi:
Pak kadir  Penginapan aditya, sewa motor (orangnya ramah helpful) : 081929542083