Minggu, Agustus 01, 2010

Kunci Sukses Bernegosiasi

PINTAR bernegosiasi mutlak diperlukan dan dimiliki orang-orang yang berprofesi apa pun. Entah itu marketing atau bos sebuah perusahaan sekalipun. Negosiasi merupakan seni dalam bekerja untuk mencapai target atau tujuan yang digariskan.
Negosiasi adalah cara bagaimana menarik orang lain untuk tertarik menggunakan/membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Tak jarang kesalahan dalam negosiasi sering menjadi kendala dalam bekerja. Lalu negosiasi yang bagaimana yang efektif?
James Gwee, pakar SDM dan marketing, memiliki pandangan tersendiri. Dia menawarkan teknik dan keterampilan “Win-Win Negotiation” (negosiasi yang saling menguntungkan). Negosiasi tidak mengajarkan teknik pandai bicara. Lebih dari itu, dibutuhkan teknik yang berakar pada panutan “Diam itu emas. Bicara itu perak. Tapi Tahu kapan harus diam dan kapan harus bicara. Itulah Berlian. Mau pilih yang mana?
Saat berbicara dalam seminar yang digelar Palembang School of Life pekan lalu, James mengungkapkan, langkah awal yang perlu dilakukan adalah merencanakan strategi bernegosiasi. “Kita harus secepatnya secepatnya dapat mengidentifikasi strategi mencari orang untuk negosiasi,” katanya.
Ada dua tipe negosiator. Pertama negosiator yang sifatnya bersaing atau kompetitif. Cirinya, negosiator ini mensyaratkan harus menang atau kalah. Tipe kedua, yakni negosiator yang sifatnya kooperatif atau mau bekerja sama dan saling menguntungkan. Cirinya, selalu ada kolaborasi, semua sisi bekerja bersama untuk mendapat kepuasan serta saling menguntungkan. Negosiator kooperatif inilah yang dianjurkan.
Menurut James, untuk dapat menjadi negosiator yang baik dan sukses, perlu berbekal karakter yang kuat. Sang negosiator menyadari bahwa bernegosiasi ada tantangan. Karena itu perlu ada rasa optimisme yang tinggi dan berani mengambil risiko.
Negosiator juga harus sabar. Pepatah yang mengatakan siapa yang fleksibel dalam waktu (sabar) akan mendapat keuntungan dalam negosiasi. James mengatakan batasan tertinggi dari keberhasilan sebuah bentuk negosiasi adalah kepuasan dari kedua belah pihak. (lis)
Hal yang Perlu Disiapkan untuk Sukses Bernegosiasi
Cari selengkapnya informasi tentang diri atau yang berhubungan dengan apa yang ingin dinegosiasikan. Buat target, maksimum dan minimum posisi yang ingin dicapai. Kapan menyerah, kapan tidak. Apa prioritas items dan kapan deadline-nya.
l Cari tahu tentang informasi “dunia luar”. Tentang saingan dan sebagainya.
l Saat bernegosiasi, jadilah “detektif” dengan bertanya. Jadi pendengar yang baik serta memiliki mental yang bagus dalam mengatasi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar